Rangkuman Modul UT Pembelajaran Terpadu di SD || PDGK4205 Modul 1-6 Lengkap
Universitas Terbuka. Rangkuman Modul UT Pembelajaran Terpadu di SD || PDGK4205 Modul 1-6 Lengkap. Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Pembelajaran terpadu diyakini sebagai pendekatan yang berorientasi pada praktek pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Pembelajaran terpadu secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan. Dengan demikian, pembelajaran terpadu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah yang kompleks yang ada di lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang utuh. Dengan pembelajaran terpadu ini siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai, dan menggunakan informasi yang ada di sekitarnya secara bermakna.
Source: Universitas Terbuka |
MODUL 1: KONSEP DASAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
Kegiatan Belajar 1:
Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 2:
Model-model Pembelajaran Terpadu
MODUL 2: PROSEDUR UMUM PEMBELAJARAN TERPADU
Kegiatan Belajar 1:
Kegiatan Pendahuluan dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 2:
Kegiatan Inti dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 3:
Kegiatan Akhir dan Tindak Lanjut dalam Pembelajaran Terpadu
MODUL 3: KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Kegiatan Belajar 1:
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 2:
Keterampilan Menjelaskan dan Bertanya dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 3:
Keterampilan Memberi Penguatan dan Variasi dalam Pembelajaran Terpadu
MODUL 4: PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU
Kegiatan Belajar 1:
Tahapan Perancangan Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 2:
Silabus dan Satuan Pembelajaran Terpadu
MODUL 5: PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Kegiatan Belajar 1:
Konsep, Prinsip, dan Sasaran Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu
Kegiatan Belajar 2:
Prosedur Pengembangan dan Format Penilaian Pembelajaran Terpadu di SD
MODUL 6: PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU DI SD
Kegiatan Belajar 1:
Praktek Merancang Pembelajaran Terpadu di SD
Kegiatan Belajar 2:
Praktek Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di SD
Semoga Anda dapat memahami secara menyeluruh apa yang diuraikan dalam modul ini, sebab pemahaman tersebut akan menjadi landasan utama dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di sekolah dasar di mana Anda kelak akan bertugas. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda dapat memahami konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu.
Komentar
Posting Komentar