Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Modul UT Evaluasi Pembelajaran di SD || PDGK4301 Modul 1-6 Lengkap

Universitas Terbuka. Rangkuman Modul UT Evaluasi Pembelajaran di SD || PDGK4301 Modul 1-6 Lengkap. Menilai pencapaian hasil belajar siswa merupakan tugas pokok seorang guru sebagai konsekuensi logis dari pelaksanaan perencanaan pembelajaran yang telah disusun setiap awal semester. Penilaian ini dimaksudkan untuk mengambil keputusan tentang keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.

Kompetensi yang harus dikuasai siswa untuk setiap mata pelajaran tidak sama, tergantung pada karakteristik mata pelajaran tersebut. Tetapi secara garis besar dapat dikatakan bahwa pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran mencakup kompetensi dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Untuk mengetahui apakah seorang siswa sudah berhasil mencapai kompetensi atau belum, diperlukan informasi hasil belajar. Informasi hasil belajar dapat diperoleh dari tagihan-tagihan yang harus dipenuhi oleh siswa. Setiap jenis tagihan memerlukan seperangkat alat ukur atau alat penilaian. Beberapa jenis tagihan yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil belajar antara lain kuis, ulangan harian, tugas individu, laporan hasil kerja praktek atau praktikum, dan unjuk kerja. Agar Anda dapat mengumpulkan informasi hasil belajar dengan tepat, Anda perlu alat ukur atau alat penilaian yang dapat menghasilkan hasil pengukuran yang valid dan reliabel.

Pada dasarnya alat penilaian dapat dibedakan menjadi dua yaitu tes dan non-tes. Tes (paper and pencil test) biasanya digunakan untuk mengukur hasil belajar dalam ranah kognitif dan keterampilan sederhana sedangkan non-tes biasanya digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar dalam aspek afektif dan psikomotor. Alat ukur tersebut digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa. Informasi hasil belajar yang Anda kumpulkan perlu diolah untuk kemudian diambil kesimpulan. Ada dua pendekatan yang sering digunakan untuk mengolah informasi belajar. Pertama, pendekatan Penilaian Acuan Norma (PAN) dan pendekatan Penilaian Acuan Kriteria. Dalam pembelajaran berbasis kompetensi, PAK-lah yang digunakan dalam menginterpretasikan informasi hasil belajar siswa. Bagi siswa yang berhasil melampaui standar keberhasilan yang telah ditetapkan maka siswa tersebut harus mengikuti program remedial dan mengikuti ujian lagi sampai ia mencapai kompetensi dasar. Secara keseluruhan modul ini berbobot 2 SKS. Pembahasan secara lengkap diatur sebagai berikut:
Rangkuman Modul UT Evaluasi Pembelajaran di SD || PDGK4301 Modul 1-6 Lengkap
Souce: Universitas Terbuka

Modul 1: Konsep Dasar Penilaian dalam Pembelajaran

Kegiatan Belajar 1:
Konsep Dasar Penilaian dalam Pembelajaran
Kegiatan Belajar 2:
Jenis dan Fungsi Penilaian dalam Pembelajaran

Modul 2: Pengembangan Tes Hasil Belajar

Kegiatan Belajar 1:
Keunggulan dan Kelemahan tes
Kegiatan Belajar 2:
Mengembangkan Tes
Kegiatan Belajar 3:
Perencanakan Tes

Modul 3: Pengembangan Asesmen Alternatif

Kegiatan Belajar 1:
Konsep Dasar Asesmen Alternatif
Kegiatan Belajar 2:
Bentuk Asesmen Kinerja
Kegiatan Belajar 3:
Asesmen Portofolio
Kegiatan Belajar 4:
Penilaian Ranah Afektif

Modul 4: Pengumpulan dan Pengolahan Informasi Hasil Belajar

Kegiatan Belajar 1:
Mengumpulkan dan Mengolah Informasi Hasil Belajar
Kegiatan Belajar 2:
Pendekatan dalam Pemberian Nilai

Modul 5: Kualitas Alat Ukur (Instrumen)

Kegiatan Belajar 1:
Validitas dan Reliabilitas Hasil Pengukuran
Kegiatan Belajar 2:
Analisis dan Perbaikan Instrumen

Modul 6: Pemberian Nilai Dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian

Kegiatan Belajar 1:
Prinsip-prinsip Pemberian Nilai
Kegiatan Belajar 2:
Penilaian di Berbagai Jenjang Pendidikan
Kegiatan Belajar 3:
Pemanfaatan Hasil Tes untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran

Matakuliah ini akan memberi tuntunan praktis kepada Anda untuk menilai hasil belajar siswa mulai dari pemahaman konsep-konsep yang terkait dengan penilaian hasil belajar siswa, perencanaan dan pembuatan alat ukur, pengadministrasian pengukuran, pengolahan dan penarikan kesimpulan dari informasi hasil belajar siswa serta bagaimana menindaklanjuti hasil penilaian.

Dengan menguasai mata kuliah Penilaian Pembelajaran ini, saya yakin kompetensi Anda sebagai seorang guru akan menjadi lebih baik. Dan pada akhirnya akan meningkatkan pula keprofesionalan Anda dalam mengajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Modul UT Evaluasi Pembelajaran di SD || PDGK4301 Modul 1-6 Lengkap"